06 July 2024
24.1 C
Palu

Suksesi Rektor Unismuh Luwuk, Tiga Nama Kantongi Rekomendasi Muhammadiyah

Must read

PALU-Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Tengah, telah melaksanakan Fit and Proper Test, terkait wawasan Al-Islam Kemuhammadiyahan kepada tiga Calon Rektor Universitas Muhammadiyah Luwuk.

Sebelumnya, Senat dan Panitia Pemilihan Rektor Unismuh Luwuk, mengirimkan tiga nama calon rector ke Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Tengah untuk diuji wawasan terkait Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK)-nya.

“Dalam proses seleksi yang kami lakukan, ada tiga nama yang lolos secara administrasi dan memenuhi syarat sebagaimana yang ditetapkan dalam statute, yakni Dr Agung Kurniawan S. Djibran., S.Pd, M.Pd, Mustafa Abd Rahim., S.P, M.P dan petahana, Dr Sutrisno K Djawa., S.E, M.M,”kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unismuh Luwuk, Dr Wahyuddin Rahman, SE, MM.

Fit and proper test dilaksanakan secara offline oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Tengah, pada Rabu 22 Mei 2024 di kantor PWM Sulteng. Dalam uji test AIK yang berlangsung dari pukul 15.30 Wita hingga 18.00 Wita tersebut, seluruh Calon Rektor berhasil mendapatkan rekomendasi dari PWM, namun dengan ragam catatan.

“Yang paling pokok, walaupun dinyatakan berhasil melalui tahapan fit and proper test, namun semua kandidat kami minta menandatangani pakta integritas, yang titik tekannya adalah, komitmen para kandidat, jika nanti terpilih sebagai rektor, untuk mengembangkan AIK di lingkungan kampus, serta membantu dakwah Muhammadiyah di Kabupaten Banggai bersaudara,”tekan Ketua PWM Sulteng, Muh Amin Parakkasi, S.Ag, MHI.

Setelah mendapatkan rekomendasi dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, selanjutnya kata Wahyuddin Rahman yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unismuh Luwuk, akan melakukan pemilihan di senat universitas. Setelah itu, hasil pemilihan dan rekomendasi dari PWM, akan dikirimkan ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah, sebagai penentu akhir.

“Rektor selanjutnya akan di SK-kan oleh Pimpinan Pusat. Setelah mendapatkan rekomendasi, akan dilakukan pemilihan. Sesuai aturan, yang dipilih di senat, adalah mereka yang mendapatkan rekomendasi. Ketiganya mendapatkan rekomendasi, maka ketiga kandidat ini akan dipilih oleh anggota senat universitas,”urai Wahyuddin Rahman.(mch)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!